Selasa, 04 Desember 2012

Manusia Dan Kegelisahan


Manusia Dan Kegelisahan

     1. Makna  Kegelisahan 
        Kegelisahan dan kesedihan merupakan suatu kejahatan kembar yang datang beriringan  dan bergandengan. Mereka hidup bersama-sama di dunia ini. Jika Anda gelisah, maka Anda akan merasa susah dan sedih, begitu pun sebaliknya. Kadangkala kita berupaya untuk menghindari mereka, lari dari kenyataan, tetapi tetap saja mereka akan senantiasa hadir dalam diri kita. Kejahatan kembar ini bukan untuk dihindari, tetapi bukan berarti kita membiarkan mereka untuk mengalahkan kita. Kita harus mengatasi mereka dengan usaha kita sendiri, dengan kemantapan hati dan kesabaran, dengan pengertian benar dan kebijaksanaan.
          Kegelisahan yang timbul dalam diri kita sebenarnya dibuat oleh kita sendiri, kita ciptakan mereka di dalam pikiran kita melalui ketidakmampuan ataupun kegagalan untuk mengerti bahaya perasaan keakuan dan melalui khayalan yang melambung serta kesalahan dalam menilai setiap kejadian atau benda. Hanya jika kita dapat melihat suatu kejadian atau benda dengan apa adanya, bahwa tidak ada sesuatu apa pun yang kekal di dunia ini dan bahwa keakuan kita sendiri merupakan khayalan liar yang membawa kekacauan dalam pikiran yang tidak terlatih.
  
2.    Makna Keterasingan
        Keterasingan berasal dari kata terasing, dan kata itu dalah dari kata dasar terasing.   Kata asing berarti sendiri, tidak dikenal orang, sehingga kata terasing berarti, tersisihkan dari pergaulan, terpisahkan dari yang lain atau terpencil. Jadi kata keterasingan berarti hal-hal yang berkenaan dengan tersisihkan dari pergaulan, terpencil atau terpisah dari yang lain. Penyebab orang berada dalam posisi terasingkan adalah perilakunya yang tidak dapat diterima atau tidak dapat dibenarkan oleh masyarakat atau kekurangan yang ada pada diri seseorang ,sehingga ia dapat atau sulit menyesuaikan diri dalam masyarakat.

    3.   Makna Kesepian

Kesepian berasal dari kata sepi yang berarti sunyi atau lengang, sehinggakata kesepian berarti merasa sunyi atau lengang, tidak berteman. Setiap orang pernah mengalami kesepian. Karena kesepian bagian hidup manusia, lama rasasepi itu bergantung kepada mental orang dan kasus penyebabnya. Penyebab Kesepian menurut Middlebrook (1980), ada dua factor penyebab dari kesepian, yaitu :
1.    Faktor Psikologis
2.    Existential Loneliness
     Kesepian ini disebabkan oleh kenyataan adanya keterbatasan keberadaan manusia yang disebabkan oleh terpisahnya seseorang dengan orang-orang lain,sehingga tidaklah mungkin baginya untuk berbagi perasaan dan pengalamannya dengan orang lain.

 
1.    Makna Ketidakpastian
Ketidakpastian berasal dari kata tidak pasti artinya tidak menentu, tidak dapat ditentukan, tidak tahu, tanpa arah yang jelas, tanpa asal-usul yang jelas.Ketidakpastian artinya keadaan yang pasti, tidak tentu, tidak dapat ditentukan,tidak tahu, keadaan tanpa arah yang jelas, keadaan tanpa asal-usul yang jelas itusemua adalah akibat pikirannya tidak konsentrasi. Ketidak konsentrasian disebabkan oleh berbagai sebab, yang jelas pikirannya  kacau. Beberapa sebaborang tak dapat berpikir dengan tidak pasti ialah :
1.    Obsesi
2.    Phobia
3.    Kompulasi
4.    Hysteria
5.    Delusi
6.    Halusinasi

Keadaan emosi untuk dapat menyembuhkan keadaan itu bergantung pada mental sipenderita. Andai kata penyebabnya sudah diketahui, kemungkinan juga tidak dapat sembuh. Bila hal itu terjadi, maka jalan yang paling baik bagi penderita diajak pergi sendiri ke psikolog.

 Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar