Sabtu, 15 Juni 2013

Percakapan Bahasa Inggris

Kenapa kita merasa sulit bercakap-cakap dalam bahasa Inggris?

Di Indonesia, pelajaran bahasa Inggris mulai diajarkan di sekolah sejak usia dini. Ada sekolah yang mulai mengajarkan Sekolah Dasar, bahkan ada juga yang mengajarkan mulai dari Taman Kanak-Kanak. Namun, setelah ribuan jam belajar bahasa Inggris, kenapa kita masih saja merasa sangat sulit untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris? Padahal, kalau mendengar percakapan bahasa Inggris di tempat umum atau mungkin di televisi kita mengerti.
Hal ini adalah hal yang sangat wajar. Kemampuan untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris perlu dilatih secara rutin dan memang sedikit lebih menantang dibandingkan dengan kemampuan lainnya seperti mendengar atau menulis. Ketika kita bercakap-cakap, kita tak memiliki referensi dari kamus ataupun dari catatan, melainkan semuanya diambil langsung dari pemikiran dan langsung diujarkan. Oleh sebab itu, perlu latihan secara rutin untuk membiasakan pemikiran kita untuk mengujarkan kata-kata dalam bahasa Inggris. Jika kita tak terbiasa untuk berpikir dalam bahasa Inggris, maka kita pun seringkali merasa sulit untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris walaupun kita tahu banyak sekali kosa-kata bahasa Inggris.

Percakapan Bahasa Inggris tertulis

Bagaimana melatih pemikiran untuk terbiasa berpikir dalam bahasa Inggris? Tentunya ada banyak cara untuk melakukannya, antara lain adalah dengan berlatih percakapan bahasa Inggris secara tertulis. Memangnya ada percakapan bahasa Inggris tertulis? Tentu saja! Dengan semakin banyaknya pengguna internet di dunia, percakapan bahasa Inggris juga semakin banyak. Baik itu dalam jaringan sosial di dunia maya, forum, blog, messenger, tanpa disadari kita telah menggunakan percakapan bahasa Inggris tertulis. Kita saling berkomentar dengan menggunakan gaya bahasa lisan, namun dalam bentuk tulisan.
Percakapan tertulis ini biasanya menggunakan tata bahasa Inggris non-formal yang biasa digunakan oleh penutur asli dalam percakapan sehari-hari. Semakin banyak Anda mengenal percakapan tertulis semacam ini, maka semakin familiar Anda dengan percakapan bahasa Inggris yang biasa digunakan oleh penutur asli yang tentunya akan sangat berguna ketika kita sendiri ingin bercakap-cakap dalam bahasa Inggris.

Percakapan bahasa Inggris dengan topik sederhana

Kita dapat melatih percakapan bahasa Inggris dengan percakapan tentang hal-hal sederhana yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari seperti cuaca, film favorit, sahabat dekat, dsb. Topik-topik umum sederhana seperti itu dapat diceritakan dengan menggunakan tata bahasa present tense yang biasanya lebih mudah dan juga kosa-kata yang umumnya kita tahu. Namun, jangan takut untuk mencoba topik-topik lainnya terutama jika topik itu merupakan hobi atau kesukaan.

Referensi: http://www.englishfirst.co.id/englishfirst/englishstudy/conversation.aspx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar