Tema/Topik : Sikap
Motivasi dan Konsep Diri terhadap Konsumen
Judul : Analisis
Motivasi, Persepsi, Pembelajaran dan Sikap Konsumen Pengaruhnya
terhadap keputusan pembelian di KFC bahu Mall
Manado
Sumber : http://ejournal.unsrat.ac.id/
Pengarang : Merna
M. M. Tompunu
Masalah
Apakah faktor-faktor motivasi,
persepsei, pembelajaran, dan sikap konsumen
secara bersama sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap perilaku
konsumen dalam melakukan pembelian KFC Bahu Mall Manado
Tujuan Penelitian
Untuk
menganalisis pengaruh motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap konsumen
terhadap keputusan pembelian KFC Bahu
Mall Manado
Jenis Penelitian
Jenis
atau metode penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif yang
digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel, teknik pengambilan sampel
dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket,
analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji
hipotesis yang telah ditetapkan
Hipotesis
1.
Motivasi, persepsi konsumen, pembelajaran
konsumen, serta sikap konsumen berpengaruh secara simultan terhadap keputusan
pembelian
2.
Motivasi secara parsial berpengaruh terhadap
keputusan pembelian
3.
Persepsi secara parsial berpengaruh terhadap
keputusan pembelian
4.
Pembelajaran secara parsial berpengaruh terhadap
keputusan pembelian
5.
Sikap konsumen secara parsial berpengaruh
terhadap keputusan pembelian
Metode Penelitian
Indikator
dalam penelitian ini:
1.
Motivasi Konsumen (X1), yaitu kekuatan penggerak
dalam diri konsumen
2.
Persepsi Konsumen (X2), yaitu tanggapan konsumen
terhadap keberadaan suatu obyek atau produk yang menjadi pilihannya
3.
Pembelajaran Konsumen (X3), yaitu proses dimana
individu memperoleh pembelian dan pengetahuan konsumsi dan pengalaman yang
berlaku untuk perilaku di masa yang akan datang
4.
Sikap Konsumen (X4), yaitu penilaian evaluatif
konsumen terhadap suatu obyek atau produk yang diminati
5.
Keputusan Pembelian Konsumen (Y), yaitu pilihan
akhir yang dilakukan oleh konsumen dalam memenuhi keinginan atau kebutuhannya
Hasil Penelitian dan
Pembahasan
Hasil Analisis Regresi
Untuk mengetahui pengaruh Motivasi,
Persepsi, Pembelajaran dan Sikap Konsumen terhadap keputusan pembelian di KFC
bahu Mall Manado,
digunakan analisis kuantitatif dengan metode regresi linier berganda, dan
hasilnya dapat dilihat sebagai berikut :
Tabel 4. Hasil Regresi Berganda
pengaruh Motivasi, Persepsi, Pembelajaran dan Sikap Konsumen
terhadap keputusan pembelian di KFC bahu Mall Manado
Keputusan Pembelian (Y) =
8,470 + 0,031X1 + 0,652X2 + 0,176X3 + 0,014X4 + e
Berdasarkan Tabel 4, faktor
motivasi, faktor persepsi, faktor pembelajaran, dan faktor sikap mempunyai
hubungan positif dengan perilaku konsumen
Hubungan positif ini menunjukkan
bahwa faktor motivasi, faktor persepsi, faktor pembelajaran, dan faktor sikap berubah
searah dengan perubahan perilaku konsumen KFC. Dengan membandingkan antara
t-hitung masing-masing variabel bebas ternyata thitung > t tabel, berarti
variabel-variabel bebas mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap variabel
tergantung.
Sebelum dilakukan pengujian terhadap
hipotesis yang diajukan perlu dilakukan evaluasi:
a.
Uji
Multikolinieritas. Dalam penelitian ini terbukti tidak terdapat
multikolinieritas , karena koefisien korelasi antara variabel bebas di bawah 10.
b. Uji Heteroskedastisitas. Dalam
penelitian ini, korelasi dari masing-masing variabel bebas dengan variabel
residual masih di bawah 0,1. Tidak terjadi heteroskedastisitas, jadi menunjukkan tidak ada pola yang
terbentuk dengan kata lain grafik menggambarkan plot menyebar.
Pembahasan Hasil Analisis
Analisis
Motivasi, Persepsi, Pembelajaran dan Sikap Konsumen Pengaruhnya terhadap
keputusan pembelian di KFC bahu Mall Manado
Analisis hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa
variabel-variabel secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku
konsumen. Ini bisa dilihat dari nilai Fh (8,978) lebih besar dari Ft (=2,477)
Hubungan antara variabel-variabel bebas terhadap variabel
tergantung menunjukkan hubungan yang erat (55,9%). Koefisien determinasi
berganda sebesar 31.3% menunjukkan bahwa perilaku konsumen dijelaskan oleh
motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap sebesar 31.3%. Sedangkan 27.8%
ditentukan oleh variabel diluar model.
Kesimpulan
Dari pengolahan dan analisis data, pengujian hipotesis,
analisis dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat ditarik beberapa
kesimpulan sebagai berikut:
- Ternyata hipotesis pertama diterima, bahwa perilaku konsumen dalam pembelian KFC dipengaruhi secara bersama-sama dan bermakna oleh faktor motivasi, persepsi, pembelajaran,dan sikap. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 8,978 lebih tinggi dari Ftabel = 2,477, dengan koefisien korelasi R sebesar 0,559 dan koefisien determinasi ganda (R Squared) sebesar 0,313.
- Hipotesis kedua yaitu motivasi, persepsi konsumen, pembelajaran konsumen, serta sikap konsumen berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar